Hubungi Kami : 0877 4166 3126

Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther

 Sering kali kita bingung ketika akan membeli Mobil Bekas, Terutama bila mobil itu adalah jenis Diesel, khususnya Jenis Isuzu Panther. Isuzu Panther adalah tipe mobil Pekerja Keras dengan Minim Perawatan (Mobil Badak istilah orang dunia otomotif menyebutnya), Kondisi inilah menyebabkan Unit Isuzu Panther Bekas yang ada dipasaran juga menjadi kurang perawatan, Karena merasa sudah Badak maka unitpun jarang dirawat dan terawat oleh pemiliknya ( tidak semua begitu lho ya) :)
Dari pada Pusing Ayo kita coba pelajari uraian singkat dari saya, siapa tahu bisa membantu anda yang kebetulan sedang mencari unit Ispan Panther Bekas, Untuk Contoh Saya ambil ISUZU PANTHER LV kode body TBR541 dan Kode Mesin 4JA1 (normaly aspirated) (Spesial Thangkiu Buat Um Andrie Setia Pradana (PM-218) yang menyediakan Unit Dagangannya sebagai Objek Foto)


Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering
1. Pertama kali dalam membeli mobil tentu anda akan membuka mesinnya bukan, mari kita coba telusuri dari mesinnya, karena kita tahu unit Diesel mesin adalah vital, karena bila anda dapat bermasalah tentunya akan membuat Kantong menjadi jebol. Dari gambar pertama itu adalah gambar dipstik olie, daerah knalpot ( exhaust Manifold) dan power stering. Seperti Patron pertama yang harus kita ikuti adalah Mesin harus Kering, untuk itu silahkan teliti daerah-daerah tersebut apakah ada rembesan olie, kondisi baut-baut beserta ringnya, bila masih utuh dan simetri, misal baut masih bentuknya sama, kepala baut masih utuh belum banyak yang luka, ganjal ganjalan ring dan lain-lain brarti anda mendapat mesin yang berkategori utuh.
2. Waspada terhadap olie mesin, anda harus memeriksa olie mesin, dari mobil itu, caranya tarik dipstik olie mesin tersebut, olie mesin harus normal, tidak boleh kental, bila olie kental maka waspada penjual telah memberi olie yang lebih kental agar mesin lebih halus ( menyembunyikan suara kasar). Jika Mesin masih dingin silahkan buka tutup radiator, bila radiator keruh berwarna coklat itu menandakan pemiliknya ngak terawat, tapi bila dibuka air radiator berwana hijau atau merah berarti unit pendinginan mesin terawat (mempengaruhi performa dan durabilitutas dikemudian hari)
3. Setelah semua dirasa bagus mulailah anda menghidupkan mesin, Waspadai dengan bunyi bunyian aneh yang tidak wajar, coba gas dengan pelan, mesin yang bagus suaranya masih Padat dan pada waktu gas dilepas seelah diinjak ngak ada bunyi bunyian yang mencurigakan waktu mesin kembali ke posisi idle (stationer). Ketika mesin hidup dan setelah agak panas, cobalah buka tutup olie mesin, bila keluar asap tebal waspadalah unit mesin sudah bocor kompresi. bocor kompresi brarti unit mesin sudah memberi aba aba untuk minta di overhoul.

Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan
4. Setelah mesin di check dan bila anda sudah cocok, maka teruskan pengecekan, tapi bila sudah merasa ragu ragu segera tinggalkan mobil itu untuk mencari unit yang lain. Pada gambar berikutnya, Seperti halnya bagian mesin priksalah dari kebocoran pada unit transmisi dan gardan, sambil mengecek bagian bawah tidak ada salahnya anda melihat sekalian kondisi dari lantai body bagian bawah, lihat dari karat, baut2 dan lipatan lipatan body (pertemuan plat-plat) mencurigakan.

Daerah body
5. Setelah semua baik mari kita melangkah lebih lanjut untuk melihat body, Body non Spet ( cat ulang) akan lebih baik, tapi itu tidak terlalu menjadi soal, yang lebih penting adalah keutuhan dan orisinal dari plat2 body tersebut. Karena Mobil adalah unit bekas, dan Isuzu Panther sendiri berbodi Besar (MPV medium) tentunya body lecet2 atau luka adalah wajar. Unit mobil bekas yang sudah dicat ulang selama Plat2 bodynya masih utuh tentunya bagi Penulis tidak menjadi masalah, (malah bila mendapat body yang habis dibangun, tapi dengan catatan bahannya mentah mobil bagus itu akan menghemat anda merawat cat body untuk beberapa tahun kedepan) Perhatikan gambar2 diatas, setiap plat plat perbatasan pintu, engsel semua harus simetri dan berjarak sama, dengan berjarak sama dapat dikatakan bahwa unit itu tidak ada masalah dengan engsel pintu, bekas kenteng dan bekas dempul, Ada cara Kuno dari Orang2 dengan memukul memakai tangan bagian body bila terdengar nyaring brarti body masih kaleng, Cara ini sih benar tapi ngak sepenuhnya benar, karena hanya bisa untuk unit yang berdempul tebal, sementara yang berdempul tipis bunyinya tetap nyaring, akan tetapi dengan melihat Nat Nat (Sambungan Plat-plat body) perbatasan dari pintu kita sudah tahu mobil itu utuh atau tidak tanpa mengetuk2 bodynya memakai tangan.

Interior
6. Bagian Interior, Pastikan unit2 engsel2, kait2 pintu juga bagus, coba banting pintu untuk melihatnya menutup, pintu yang masih bagus akan terdengar menutup dengan mantap. lihat juga detai2 dari AC, Tuas-tuas, indikator spedometer semua harus berfungsi dengan baik. Selagi anda di Kabin Pengemudi Ketika mesinsudah hidup cobalah putar kemudi kekanan mentok dan kembali ke posisi normal ( mengetes kerja power steering) waspada bila ada bunyi aneh, mesin beradu. Lalu coba injak kopling dan masukkan gigi verneling dari angka satu sampe ke R, semua harus lancar dan ringan, Bila terasa ada sendatan, waspada terhadap unit gigi transmisi.
7. Tak kalah pentingnya adalah silahkan anda melihat kolong dari dasboard mobil , bila kabel2 nya masih tertata rapi brarti anda mendapat mobil yang utuh ( pemilik lama tidak suka memodifikasi elektronik yang berlebihan, kabel rapi dan asli menjamin mobil lebih sedikit mendapat masalah wiring dan konslet dikemudian hari.
8. Jangan lupa lihat ujung2 dan lipatan2 besi dari kolong dasboard bila ternyata ada karat dan kotor karena tanah, waspadalah unit mobil itu bisa saja adalah bekas terkena banjir. mobil bekas banjir memang bisa di rekondisi tapi itu akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
9. Priksa plafon plafon (langit-langit), Plafon yang utuh harus rajin, bila sudah direkondisi tidak akan bisa terlihat seperti gambar. juga periksa sambungan plafon dengan karet karet list pintu. Sembari memeriksa tidak ada salahnya anda mencoba kerja powerwindow, bila ngak dilengkapi power window silahkan putar tuas engkolnya,
10. Demikian beberapa titik yang perlu anda periksa, tidak ada salahnya anda membawa teman (Kir Master) yang lebih advanced dari anda mengenai permobilan, bila mau membeli mobil (dengan catatan, Ajaklah teman yang jujur jangan sampai anda malah kena double makelar dari kir master anda) ( teman yang anda bawa ternyata lalu meminta komisi tambahan dari penjual mobil secara diam diam (permufakatan Jahat) untuk kemudian akan membelokkan image dan pendapat anda agar segera membeli mobil itu) (Maaf Kejadian seperti ini sangat banyak dan sudah wajar terjadi di dunia Jual Beli mobil yang kejam).
11. Urutan pengecekan mobil bisa dibalik, anda dapat memeriksa body terlebih dahulu, karena biasanya kontak fisik pertama dalam membeli mobil adalah melihat body dulu, terutama bila anda melihat di showrum mobil bekas, jangan terburu-buru jatuh cinta kepada kemulusan body, karena kita tahu mobil di showrum bekas semua sudah dipoles dengan maksimal, beda halnya bila anda membeli dari pemilik pribadi


Isuzu Online Updated at: 23:53

PROMO ISUZU

PROMO ISUZU